Akankah Timnas Italia Berhasil ke Piala Dunia 2022?

Akankah Timnas Italia Berhasil ke Piala Dunia 2022? – Sebanyak 32 tim sudah memastikan tempat di Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar, 21 November sampai 18 Desember. Kemudian, akankah Timnas Italia berhasil ke Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022 Qatar akan jadi suatu momen yang cukup bersejarah sebab untuk pertama kalinya ajang ini dilaksanakan pada musim dingin, dan yang pertama kalinya dilaksanakan di area Timur Tengah.

Tiket terakhir menuju Piala Dunia 2022 sudah direbut oleh Kosta Rika. Mereka sendiri berhak utnuk tampil pada putaran final Piala Dunia 2022 selepas mengalahkan Selandia Baru dalam pertandingan playoff antarbenua pada hari Rabu lalu (15/6/2022). infopialadunia.org

Gol Kosta Rika terbentuk sewaktu pertandingan baru saja berjalan tiga menit. Ialah mantan pemain Arsenal Joel Campbell yang melayangkan suatu tendangan mendatar ke pojok gawang.

Ada juga Timnas Italia tak sukses lolos ke Piala Dunia 2022. Gli Azzurri merupakan julukan Timnas Italia gagal untuk melaju ke turnamen sepakbola termegah di dunia selepas mereka kalah mengejutkan dari Makedonia Utara di sesi playoff kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Ironisnya lagi, kekalahan tersebut dialami Italia sewaktu bermain di kandang. Mereka tumbang 0-1 Stadio Renzo Barbera, Palemo, (25/3/2022).

Gol pada menit terakhir Aleksander Trajkovski membuat Makedonia Utara menang. Gol tersebut, sekaligus mengganjar Italia wajib mengulang akan memori gagal lolos Piala Dunia tahun 1958 serta 2018 lalu.

Baca Juga: 3 Pemain dengan kontribusi di 5 Edisi Piala Dunia, Cristiano Ronaldo Serta Lionel Messi Segera Menyusul

“Sulit untuk dijelaskan, kami memainkan pertandingan yang cukup hebat namun tak dapat mencetak gol,” ucap bek Italia yakni Giorgio Chiellini.

“Saya akan meninggalkan timnas selepas Piala Dunia itu. Dan kemungkinan saya akan membuat kesalahan, sebab kemudian saya melewati tahun-tahun terbaik,” ucapnya..

Sang Juara Euro Era 2020

Sejatinya, Italia ialah salah satu tim yang diunggulkan lulus mudah serta dapat jadi pemenang Piala Dunia 2022. Perihal itu tidak lepas dari performa luar biasa mereka di Euro 2020 yang berlangsung 2021.

Itali sendiri memenangi Euro 2020 selepas mengalahkan Inggris pada final yang dilaksanakan di Stadion Wembley, (11/7/2021).

Kejelasan akan Italia menjadi sang juara didapat setelah unggul 3-2 pada sesi adu penalti. Sesi adu penalti dilaksanakan usai Italia dan Inggris bermain dengan seri 1-1 selama 120 menit.

Euro 2020 merupakan gelar Piala Eropa kedua timnas Italia. Gelar pertama Piala Eropa digapai oleh Gli Azzurri pada 1968.

Tetapi, penampilan apik itu tidak bisa dilanjutkan Italia pada sesi kualifikasi. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, timnas Italia besutan Roberto Mancini cuma dapat finis pada peringkat kedua Grup C.

Mereka kalah bersaing dengan Swiss yang tampil sebagai juara grup. Hasil tersebut membuat Gli Azzurri kudu menempuh jalur play off untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tetapi, di babak play off pun, Italia sendiri tak berdaya, dikalahkan Makedonia Utara 1-0.

Dua Kali Berturut- turut

Kegagalan untuk dapat lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar menjadi catatan  kelam sepak bola Gli Azzurri.

Masalahnya, ini jadi dua kali berturut-turut Italia tak berkontribusi  pada Piala Dunia. Sebelumnya juga Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Serupa kejadiannya , Italia kandas untuk lolos ke Piala Dunia 2018 sebab telah kalah pada sesi play off. waktu itu, Gianluigi Buffon serta kolega dikalahkan oleh Swedia.

“Pada 2010 kami tersingkir dengan amat cukup buruk di tim yang jauh lebih dari sekadar bisa ditangani. Pada 2014, kami mulai dengan amat baik tetapi kami menyulitkan diri kami sendiri,” ucap Chiellini.

“Kami bahkan tak  lolos di 2018 dan saya memiliki suatu penyesalan yang amat besar ini,” ujar pemain yang kini memperkuat Los Angeles.

Rumor Dapatkan Tiket

Beberapa bulan kemarin, Isu akan Italia berkesempatan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 pun muncul. Itu selepas mantan anggota Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) Franco Chimenti mengatakan bahwa Gli Azzurri masih dapat lolos ke Piala Dunia 2022 jika Ekuador dihukum.

Ekuador dituduh Chile telah memalsukan akta kelahiran serta paspor pemain Byron Castillo supaya terlihat seolah-olah ia lahir di Ekuador.

Menyusul akan keluhan dari pihak Chile, disangka bahwa Castillo sebenarnya lahir di Kolombia serta tak mempunyai  hak atas kewarganegaraan Ekuador.

Tetapi, selepas melaksanakan investigasi, Komdis FIFA tak  menemukan bukti yang kuat seperti dituduhkan Chile. FIFA pun menolak akan klaim Chile, dan tetap mengesahkan Ekuador bertanding di Piala Dunia.

Alhasil, isu tersebut pun tidak menjadi suatu kenyataan. Italia sendiri tetap menjadi penonton di Piala Dunia 2022 nanti.

“Kesempatannya nol. Sebanyak 13 tempat dari tempat Eropa sudah diambil. Jika ada tempat lowong dari Amerika Selatan, maka itu akan diberikan ke negara Amerika Selatan,” ucap Presiden FIGC, Gabriele Gravina

“Kami sudah berbincang dengan FIFA dan tanggapan yang mereka berikan amat negatif,” sambung Gravina dikutip dari Football Italia.

Apa Yang Dikata Mancini?

Selepas Italia kandas untuk bertanding pada Piala Dunia 2022, masa depan Roberto Mancini pernah menjadi pertanyaan yang cukup besar.

Tetapi, mantan manaje Manchester CIty itu juga menegaskan akan tetap bertahan serta menyiapkan segala sesuatunya untuk ditingkatkan pada timnas Italia. Dia berjanji untuk mengembalikan kesuksesan Italia.

“Kami kudu memulainya kembali. Saya telah berbicara denga presiden, kami sudah mencapai persetujuan dalam segala hal. Kami memiliki waktu untuk mendiskusikan apa yang perlu kami tingkatkan. Saya merupakan pelatih muda dan saya ingin memenangi Euro serta Piala dunia, untuk yang kedua,” kata Mancini.

“Kami kudu jauh lebih bersabar. Saya suka dengan pekerjaan tersebut  dan saya tahu bahwa dengan para pemain di tim, kami bisa mendapatkan sesuatu yang penting,” ucap Mancini, dilansir Sky Sports.