Qatar Melarang Alkohol Masuk Stadion Piala Dunia 2022

Qatar Melarang Alkohol Masuk Stadion Piala Dunia 2022Sang Tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar mengatakan melarang minuman mengandung alkohol masuk ke dalam stadion. Aturan larangan alkohol tersebut akan berlaku selama pertandingan berlangsung di dalam stadion.

Kebijakan tersebut diinformasikan akan berbeda dengan turnamen Piala Dunia sebelumnya. Nantinya para fans yang hadir di stadion masih diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol sebelum dan beberapa saat selepas pertandingan.

Qatar sendiri dikenal menjadi sebagai salah satu negara yang mayoritas penduduknya merupakan muslim. Sehingga aturan tentang alkohol tersebut akan diperketat selama Piala Dunia 2022 berlansung. infopialadunia.org

“Di stadion, rencananya masih dalam tahap finalisasi, namun diskusi saat ini ialah mengizinkan penggemar untuk minum bir pada saat kedatangan dan saat meninggalkan stadion. Tapi bir tak akan disuguhkan selama pertandingan atau di dalam stadion,” ujar seorang sumber terhadap Reuters.

Masalah alkohol ini tentu saja jadi suatu tantangan tersendiri untuk pihak penyelenggara. Pasalnya, turnamen sepak bola sering dihubungkan dengan penggemar minuman bir serta disponsori oleh merek bir global.

Informasi dari Reuters, mereka sudah mendapatkan data dari pihak penyelenggara rencana yang akan diterapkan pada Piala Dunia 2022. Qatar sendiri akan mengantisipasi permintaan sekitar 1,2 juta orang yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol tanpa batas setiap harinya.

Sepak bola serta minuman keras memanglah mempunyai suatu hubungan yang bsia dikatakan cukup rumit. Pada ajang Piala Dunia 2014, larangan minum alkohol akhirnya pun dicabut selepas Brasil mendapat tekanan dari FIFA.

Baca Juga:Mengetahui Trofi Piala Dunia 2022 Qatar, Dibuat dari Emas Asli atau Tidak?

Permasalahan tersebut tentu menjadi pertanyaan baru, mengingat mengonsumsi minuman beralkohol di tempat umum merupakan hal yang ilegal di Qatar. Walau begitu, para fans masih dapat mendapatkan akses membeli minuman beralkohol terbatas di FIFA fan zone yang berada di Al Bidda Park, Doha, ibu kota Qatar.

“Tidak seperti fan zone Piala Dunia sebelumnya, bir tak akan disajikan sepanjang hari, tapi pada waktu yang terbatas,” ujar seorang sumber kepada Reuters.

Dalam dokumen yang didapat Reuters, alkohol juga akan tersedia untuk 15.000 sampai 20.000 penggemar di sudut bekas Klub Golf Doha, beberapa kilometer dari fan zone utama.

Selain itu ketersediaannya juga masih bisa didapatkan para penggemaar di hotel atau di bar yang memiliki izin untuk menjualnya. “Alkohol sudah tersedia di area khusus di Qatar, seperti hotel serta bar dan ini tak akan berubah pada 2022. Dengan tujuan melayani penggemar yang berkunjung pada 2022, alkohol akan tersedia di area tambahan selama turnamen,” ucap sumber Reuters.

Walau demikian, para penggemar sendiri dilarang untuk membawa alkohol ke Qatar. Mereka juga tidak mendapat izin membeli alkohol di satu-satunya toko yang menjual alkohol di negara itu.

Orang-orang dari luar Qatar cuma diizinkan membeli kebutuhan pribadi mereka, selain alkohol. Alkohol dapat dibeli oleh pengunjung di beberapa hotel dan tim berlisensi, di mana satu pint bir bisa dihargai USD 18 atau sekitar Rp269 ribu.

Sementara itu harga minuman keras di area fan zone dan di dekat stadion Piala Dunia 2022 saat ini masih belum diketahui karena belum disetujui.