Al Khor, Profil Kota Piala Dunia 2022

Al Khor, Profil Kota Piala Dunia 2022 Al Khor merupakan satu dari lima kota sah pelaksanaan Piala Dunia 2022. Dibandingkan kota-kota lainnya, jarak kota tersebut berada paling utara Qatar.

Al Khor yang berarti “teluk” karena berada sangat dengan dengan pantai sebelah timur Qatar. Jaraknya dari Doha, ibukota Qatar mencapai 60 km apabila ditempuh memakai jalur darat.

Kota tersebut mulai ditepati oleh suku Al Muhannadi pada pertengahan abad ke-18. Tak heran, Al Khor menjadi salah satu kota tertua yang berada di Qatar. infopialadunia.org

Al Khor sendiri berkembang menjadi salah satu kota terbesar di Qatar pada saat ini. Salah satu industri yang membuat kota ini hidup ialah industri perikanan dan juga perdagangan mutiara alaminya.

Tempat Alam Serta Bersejarah

Ada dua hal yang membuat pengunjung menjadi tertarik untuk datang ke Al Khor. Di antaranya yaitu situs alam serta situs bersejarah.

Sebagai kota yang berada di pinggir laut, Al Khor memiliki satu pantai yang cukup terkenal bernama Pantai Al Khor dan juga Pulau Al Khor. Dua tempat itu ialah tempat-tempat favorit destinasi wisata para warga dalam negeri.

Tempat bersejarah yang jadi daya tarik Al Khor adalah Menara Al Khor yang dibangun pada akhir abad ke-19. Menara yang berjumlah tiga ini dulunya difungsikan untuk mengawasi potensi ancaman dari arah laut dan sekitarnya.

Lapangan

Terdapat satu buah lapangan sah untuk melaksanakan pertandingan Piala Dunia 2022, yakni Al Bayt Stadium. Daya tampungnya mencapai 60.000.

Rancangan stadionnya berbentuk seperti tenda raksasa. Ide tersebut diambil dari tenda milik orang-orang pada  zaman dahulu yang dipakai untuk berlindung dari panas.

Al Bayt Stadium merupakan stadion berkapasitas terbesar kedua di Qatar. Stadion ini akan menemani Lusail Iconic Stadium untuk melaksanakan partai semi final Piala Dunia 2022.